Monday, March 18, 2013

11 Pertanyaan yang dapat mengubah hidup Anda



Simpanlah daftar ini. Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini setiap hari. Dan kemudian, berdasarkan jawaban Anda, ambil tindakan.
1. Siapa yang akan paling menangis dan paling bersedih di pemakaman saya?
Mereka adalah orang-orang yang mencintai saya. Mulailah membalas perasaan mereka.




2. Apakah saya sudah menghabiskan waktu yang cukup dengan mereka yang akan menangis di pemakaman saya?
Mungkin belum. Meskipun mereka adalah orang-orang yang melihat hal-hal yang baik di dalam diri saya dan membuat saya merasa lebih baik .
3. Siapa yang paling saya tangisi di pemakaman saya?
Kemungkinan, mereka adalah beberapa orang yang sudah saya abaikan, mereka yang saya sangat peduli tapi saya sia-siakan.
Berhentilah menyia-nyiakan mereka begitu saja.
4. Apakah saya bangga memberitahu orang-orang di mana saya bekerja?
Jika tidak, saatnya untuk mulai mencari tempat bekerja yang baru. Jabatan bisa datang dan pergi. Uang bisa datang dan pergi. Tapi kebanggan itu abadi.
5. Apakah Anda ingin anak-anak Anda meneruskan usaha/bisnis/pekerjaan Anda suatu hari nanti?
Mungkin ada beberapa aspek dari usaha/bisnis/pekerjaan Anda, dimana Anda tidak ingin anak-anak Anda tahu seperti pekerjaan yang sulit, karyawan atau atasan yang tidak tertahankan, kondisi kerja yang sulit dan prospek usaha jangka panjang yang tak pasti.
Jika Anda akan mengatakan kepada anak Anda, "Tidak, saya tidak ingin kamu berurusan dengan itu ..." mengapa masih membiarkan diri Anda untuk terus berhubungan dengan itu?
Jika Anda ingin masa depan yang lebih baik bagi anak-anak Anda, tunjukkan kepada mereka jalan dengan membuat masa depan yang lebih baik untuk diri Anda sendiri. Bekerja keraslah.
6. Apakah hari ini terasa berbeda dengan kemarin?
Seharusnya berbeda, walaupun hanya sedikit. Jika tidak, Anda berarti cuma duduk diam tanpa mengerjakan sesuatu.
7. Apakah saya lebih banyak mengatakan "tidak" daripada mengatakan "ya"?
"Tidak" memastikan hari ini akan persis sama seperti kemarin. Atau mungkin lebih buruk.
8. Apakah saya lebih memilih menghabiskan uang, bukan waktu?
Mungkin Anda membelikan anak-anak Anda "barang" karena Anda merasa bersalah karena sering bepergian atau sibuk oleh pekerjaan. Mungkin Anda membeli barang berharga lainnya ketika Anda merasa bersalah karena tidak memberi perhatian yang cukup.
Atau mungkin Anda menghabiskan uang untuk membeli alat-alat untuk membantu produktivitas Anda bukannya belajar untuk menggunakan waktu untuk mengubah kebiasaan kerja yang tidak efisien. Atau mungkin Anda membeli peralatan fitness yang mahal dan perlengkapan latihan trendi tapi Anda tahu Anda hanya cukup rutin berolahraga.
Uang tidak pernah menghasilkan hasil yang sama seperti apa yang dihasilkan oleh waktu. Pakaian mahal tidak akan bisa membentuk badan ideal Anda, alat yang bisa meningkatkan produktivitas tidak dapat membuat Anda lebih efisien, sebuah tablet baru tidak dapat mengubah kehidupan bisnis Anda.
Uang bisa mengubah beberapa hal secara sementara. Waktu bisa mengubah apa pun selamanya.
Dan jangan lupa: Anak-anak Anda akan segera melupakan permainan yang Anda beli untuk mereka tetapi mereka tidak akan pernah melupakan ketika Anda menghabiskan sore bersama-sama dengan mereka.
9. Apakah saya menganggap diri sebagai sebuah kata benda?
"Saya seorang penemu." "Saya pembicara." "Saya seorang penulis."
Jika iya berarti Anda sedang terkunci di dalam sebuah kotak.
Ketika Anda mulai mendefinisikan diri Anda sebagai kata benda, Anda akan mulai merasa seperti Anda telah tiba di satu tujuan (walaupun Anda belum). Fokus Anda perlahan-lahan akan bergeser ke "menjadi (kata benda)" daripada "melakukan (kata kerja)", untuk mempertahankan status Anda daripada berusaha untuk terus meningkatkan kemampuan Anda.
Jangan mendefinisikan diri dengan apa yang Anda lakukan. Jangan biarkan diri Anda menjadi kata benda. Jadilah kata kerja yang akan membuat Anda terus bekerja..
10. Apakah saya membuat orang lain merasa lebih baik akan diri mereka sendiri?
Setiap hari, orang-orang di sekitar Anda melakukan hal-hal yang baik. Puji setidaknya salah satu dari mereka, tulus dan spesifik. Mereka akan merasa hebat. Anda pun akan merasa hebat.
11. Apakah Saya menakuti diri saya sendiri?
Jika tidak, Anda harus coba.
Jangan menakut-nakuti diri dengan takut akan masa depan, keadaan ekonomi, cedera atau kematian, tapi dengan hal-hal yang yang dapat membuat Anda berani, semangat dan merasa tertantang untuk melakukan hal yang kita inginkan. Kita semua punya rasa takut. Yang penting adalah apa yang kita lakukan ketika kita ragu-ragu atau gugup atau takut. Ketika kita berpaling, kita akan perlahan-lahan mati, ketika kita menghadapi rasa takut dan melakukan apa yang kita benar-benar ingin lakukan, kita akan hidup.
Apakah Anda hidup?... atau Apakah Anda benar-benar hidup?
Anda hanya punya satu kesempatan. Pastikan Anda hidup.
Bantulah orang-orang disekitar Anda dengan memberikan daftar pertanyaan ini kepada mereka.


No comments:

Post a Comment